Kamis, 03 Mei 2012

NYERI DI TELAPAK KAKI


Beberapa minggu ini aku merasakan sakit dengan telapak kakiku ketika berjalan. Rasanya nyeri dibagian tengah dalam telapak kaki (depat tumit). Sakitnya tidak terus menerus, hanya kadang-kadang dan sesaat. tapi mengganggu juga dan rasa kuatir lama-lama muncul. Palagi aku paling “parno” kalo harus silaturahmi ke dokter. Kucoba mencari tau gejala apa yang sebenarnya sedang terjadi dengan kakiku. Browsing sana sini, cari gejala yang mendekati, akhirnya aku menemukan bacaan yang menarik perhatianku. FASCIITIS PLANTARIS.......penyakit yang baru kudengar dan baru kubaca. Bahasa awamnya NYERI TUMIT. Aku hanya bisa berharap mudah2an nyeri ini segera hilang.

Fasciitis Plantaris adalah suatu penyakit akibat radang pada jaringan lunak yang terdapat di bawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut, biasanya dirasakan pada waktu berdiri.

www.klikdokter.com

Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya Fasciitis Plantaris adalah sebagai berikut:

- Pergerakkan kaki yang cepat dan berlebihan (banyak berjalan, berlari, jalan tergesa-gesa).

- Sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman digunakan.

- Berat badan yang berlebihan.

- Kelainan pada telapak kaki seperti terjadinya perkapuran pada tulang tumit atau telapak kaki yang rata/ flat foot (dimana tidak terdapatnya lekukan pada bagian sebelah dalam telapak kaki).

Untuk memastikan adanya perkapuran pada tulang tumit dapat dilakukan foto roentgen pada kaki, akan tampak ‘calcaneus spur’.

Gejala
Fasciitis Plantaris biasanya timbul secara bertahap, tetapi dapat juga datang dengan tiba-tiba dan langsung nyeri hebat. Dan meskipun dapat mengenai kedua kaki, akan tetapi lebih sering hanya pada satu kaki saja. Gejala yang mungkin timbul:
  • Nyeri tajam di bagian dalam telapak kaki di daerah tumit, yang dapat terasa seperti ditusuk pisau pada telapak kaki.
  • Nyeri tumit yang cenderung bertambah buruk pada beberapa langkah pertama setelah bangun tidur, pada saat naik tangga atau pada saat jinjit (berdiri pada ujung-ujung jari).
  • Nyeri tumit yang timbul setelah berdiri lama atau setelah duduk lama kemudian bangkit dan berjalan.
  • Nyeri tumit yang timbul setelah berolahraga, tetapi tidak timbul pada saat sedang berolahraga.
  • Pembengkakan ringan di tumit.

Penanggulangan Fasciitis Plantaris adalah:

1. Hilangkan faktor-faktor penyebab:
ü  Jika berat badan berlebih, berusaha melakukan diet yang baik dan seimbang disertai olahraga secara teratur.
ü  Hilangi kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa, berjalanlah dengan santai, rileks dan dengan langkah yang seimbang.
ü  Saat hendak membeli sepatu atau sandal biasakan selalu dicoba terlebih dahulu agar sepatu/ sandal tersebut terasa nyaman dan enak saat dipakai, selain model yang up to date tentunya.

2. Fisioterapi
Untuk mengurangi proses radang dan nyeri dapat diberikan diatermi berupa SWD ataupun USD pada telapak kaki tersebut.

3. Sepatu koreksi:
ü  Pemberian ‘Heel Cap’ pada daerah tumit untuk kasus perkapuran pada tulang tumit.
ü   Pemberian ‘Medial Weidge’ untuk kasus kaki rata/ flat foot.

4. Langkah-langkah yang bisa dilakukan:
ü  Rendam kaki dengan air hangat dan dingin secara bergantian dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.
ü  Biasakan tidak telanjang kaki dan selalu memakai sandal dengan sol/ alas yang lunak atau berbahan karet lembut.
ü  Saat bangun tidur pagi biasakan mengosok-gosokkan kedua telapak kaki sehingga terasa hangat terlebih dahulu baru kemudian menginjakkan kaki ke lantai.
ü  Jika berjalan jauh diusahakan agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk berjalan terus jika kaki sudah letih dan timbul rasa sakit.

45 komentar:

  1. terimakasih informasinya. bagaimana cara memastikan bahwa kita menderita FASCIITIS PLANTARIS? mohon di kirim ke email saya lala_atim@yahoo.co.id. terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya, kebetulan saa'at ini saya sedang menderita penyakit Fasciitis Plantaris, ini kali kedua saya mengalami penyakit semacam ini, 4 bulan yang lalu saat pertama kali saya terserang penyakit ini saya merasa kaget karna setelah 2 hari saya biarkan rasa sakit di telapak kaki ternyata terus menjadi-jadi bahkan sampai saya tidak bisa jalan karna saking sakitnya..
    saat inipun kaki kanan saya merasakan sakit yang sama tapi masih untuk berjalan.. namun ini sangat mengganggu karna setiap hari saya harus bekerja.. mohon saran dan masukannya agar penyakit ini segera hilang.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah akhirnya sakitnya menghilang dengan sendirinya. Mungkin ada faktor kelelahan juga ya...atau kesalahan teknis pada kaki yang tidak sengaja saya lakukan.

      Hapus
  3. Bu, Senin kemarin sesudah bangun tidur ketika saya berjalan telapak kaki kanan saya sakit, tepatnya di bagian "bantalan" di bawah jari-jari kaki bukan tumit. Apa itu penyakit yg sama dg yg ibu terangkan di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya , saya juga sakitnya kalau bangun tidur nyeri di telapak kaki .

      Hapus
    2. kalo waktu itu yang saya rasakan tepat di bagian tengah antara bantalan dan tumit dan tidak hanya dirasakan pas bangun tidur. kalo agak dipencet juga terasa sakit.

      Hapus
  4. Terima kasih atas informasinya.. sangat bermanfaat..
    kebetulan saya suka berolahraga jalan pagi (jalan cepat) menggunakan sendal gunung, awalnya tidak ada masalh.. namun setelah satu bulanan tumit telapak kaki terasa sakit bila berjalan tanpa alas, tidak tahan dingin lantai juga, bangun pagi sangat sakit utk beberapa langkah pertama, setelah baca info ini sy menggunakan sendal yg nyaman utk di rmh & sepatu yg berbantal empuk..

    Puji Tuhan setelah itu tumit sdh lebih membaik...

    Salam..

    BalasHapus
  5. alhamdulillah...indahnya berbagi

    BalasHapus
  6. Q dah dr dl suka sakit telapak kaki kanan kiri .. paling parah pas pagi klo bangun tidur bisa sampe berhari2 nyerinya.. tau2 sembuh sendiri..

    BalasHapus
  7. Saya sekarang juga mengalami sakit nyeri di telapak tengah tumit kanan, lebih-lebih setelah bangun tidur paling sakit dan nyeri, dan ini sakitnya kontinyu sepanjang hari mulai saya rasakan sekitar satu setengah bulan initerus menerus nyerinya.
    sudah berbagai obat saya cobakan termasuk di MWD juga udah dipanasi pakai sinar ultrasonic juga udah tapi sampai sekarang belum juga reda sakitnya tuh, kenapa coba !! ada solusinya gak teman-teman ?

    BalasHapus
  8. Ini yang sedang saya alami, mungkin karena sepatu yang kurang nyaman dipakai.

    Thanks Infonya Yah,,

    BalasHapus
  9. Salam kenal. ..
    Sy juga alami nyeri di depan tumit, yg sy rasakan tiba2 nyeri dan hilang begitu terus terutama jika sy abis nyetir mbl, pagi hari bangun tidur. Sy pernah ke dokter umum tp hanya diberi obat anti nyeri. Jk tdk hilang nyeri tsb disarankan ke bagian fosioterapi. Kira2 bu sy mesti ke dokter mana? Ortopedi,saraf atau ortopedi? Bgmn dgn pengalaman ibu? Mhn infonya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan pengalaman yg pernah saya alami....tp waktu kejadian nyeri di tangan bukan dikaki, kata dokter itu kesalahan kebiasaan. Mungkin begitu jg dengan bapak...kesalahan posisi saat menyetir. Dulu saya sempat terapi (fisioterapi)....tp memang harus rutin. Tp yg paling penting menjaga kenyamanan anggota tubuh yg sdg bekerja. Itu saran dokter waktu itu. Fyi...waktu itu saya terjadi kesalahan saat menggunakan komputer/laptop/mouse. Sedangkan pekerjaan saya byk menggunakannya.

      Hapus
  10. saya pernah sekali waktu ke dokter saraf. tapi waktu itu saya ada gangguan nyeri di telapak tangan. jadi mungkin gejalanya hampir sama dengan nyeri di kaki. karena untuk masalah nyeri di telapak kaki ini saya belum pernah konsul ke dokter.

    BalasHapus
  11. Terima kasih buat info yang di berikan..
    Bu saya ada pertanyaan di bagian tumit yang nyeri jika terkena air semakin nyeri apa ini juga termasuk fascitis plantaris? Terima kasih

    BalasHapus
  12. ibu apakah penyakit seperti ini bisa di namakan asam urat, dan apakah penyakit seperti ini bisa memicu kelumpuhan permanen, sy sama sekali belum pernah konsul ke doter, sy mengalaminya baru 3 bulan terakhir ini bu...kalo bangun tidur rasa nyerinya sangat menusuk terutama di sebelah kanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga asam urat....tp sepertinya beda gejala klo asam urat. Biasanya klo asam urat emang plg sakit pas bangun tidur untuk menapakkan kaki....itu cerita orang. Hehehe...saya pernah nyoba minum jamu asam urat juga...hasilnya bagus juga....seger di badan

      Hapus
  13. ibu,, terimakasih infonya..
    saya mengalami sakit kaki sejak awal terkena campak sekitar 1 bulan yang lalu,,usia saya 28 tahun. (kena campak ke 2 kalinya), kata dokter,, campak disebabkan oleh virus dan memang kalau virus menyerang sampai ke tulang..
    sampai sekarang. telapak kaki kiri saya sakit sekali kalau menapak bahkan berjalan.. mungkin ga ya masih ada hubungannya sama virus itu.. padahal campak saya udah sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah...ini kasus lain lagi ya...trimakasih sudah ikut berbagi...saya jd tau klo campak bisa jg menyerang orang dewasa dan sakit sampe ke tulang. Krn selama ini taunya waspada campak untuk anak2.

      Hapus
  14. Makasih bu infonya kebetulan dah beberapa hari ini aku sedang ngalamin persis sama nyeri terasa di telapak kaki bagian dalam
    Dan bkn pd saat bgun tdur za tp jika dibtekan pun terasa sakitnya

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas info yg dishare saya mau tanya atas penyakit fasciitis plantaris yg saya rasakan kok saat berdiri lama kaki saya tdk terasa sakit? cuma pd saat saya duduk lama n mau berdiri ntuk berjalan baru terasa sakitnya & kira2 untuk rentang brp lama saya akan mengalami sakit nyeri seperti itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo waktu itu saya merasakannya saat jalan dan saat sdg diam. Seperti nyeri di bagian dalam kaki. Tp memang ga selalu dirasa....

      Hapus
  16. sy jg sering mgalamix smpe hari ini..dtg & prgi.skdar info, sy tinggi 170m.sebelumya bb sy 85kg,skrg turun 5kg.biasanya terasa bbrapa saat setelah makan besar,(dlm artian makan enak lah.. :). Tp seiring wktu ilang dg sendirinya.intinya sih,krna bb bdan berlebih,, untuk itu qt perlu jaga pola makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita selalu menjaga kesahatan dan pola makan. Susyaaaah juga bagi saya klo soal menahan napsu makan. Hehehe....

      Hapus
  17. Terima kasih bu infonya ttg Fasciitis plantaris, bu kalau direndam dengan air dingin apa malah tidak tambah sakit? terus kira2 bsa sembuh total g bu? terima kasih.

    BalasHapus
  18. Kan direndamnya pake air dingin dan anget bergantian pak. Sesuai dg yg ditulis di atas. Saya jg blm pernah memastikan apakah yg saya rasakan fasciitis plantaris ke dokter. Tp saya ikuti saran2 di atas. Alhamdulillah...nyeri di kaki saya sudah tidak terasa

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas infonya ttg fasciitis plantaris
    Kebetulan ini sy juga tiba-tiba telapak kaki sebelah kiri terasa nyeri, buat jalan lumyan kurang nyaman. Jatuhnya jadi agak bengkak sedikit :(

    BalasHapus
  20. akhirnya saya dapat artikelnya... makasih yah

    BalasHapus
  21. Kebetulan, ibu saya mengalami hal yang serupa. Mungkin ini adalah solusinya, Terima kasih bunda atas infonya. sangat bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus
  22. Tq ya buat informasi yg ada...
    Mungkin memang ini yg Q alami
    Q akn jlani lngkah2 pngobatanny

    BalasHapus
  23. saya mau nanya ,, apa penyebab pada kaki kalo di injakkan ke lantai gak terasa apa apa ?
    makasih sebelum nya

    BalasHapus
  24. Istri saya memiliki keluhan yang sama, sakit pada telapak kaki kanan bagian belakang setiap bangun tidur di satu bulan terakhir ini. Sudah cek ke dokter syaraf nggak ada masalah. Asam urat dll normal. Yg dilakukannya hanya melakukan peregangan dan gerakan sedikit demi sedikit sehingga rasa sakit berkurang dan dapat berjalan seperti biasa kembali. Ada saran obat herbal bunda?

    BalasHapus
  25. Angka Ramalan, Jitu Dan Akurat SGP/HKG 2d 3d 4d yang bisa anda menangkan silahkan anda hub <eyang woro manggolo di 082-391-772-208 Atau angka yang di berikan eyang benar2 jebol langsung 6D tak saya sangka saya menang 250 jt sudah 3 kali putaran berturut-turut saya menang sudah banyak yang lain tapi tidak ada bukti hanya eyang lha yang bisa membuktikan angka nya eyang saya sangat berterimah kasih eyang.

    BalasHapus
  26. Bagaimana jika nyerinya setiap bangun tidur di telapak kaki kanan dibagian tengah (bawah kelingking), tapi biasanya hilang sendirinya setelah buang air kecil. kadang sampai siang baru hilang nyerinya. Bagaimana kalau begitu?

    BalasHapus
  27. Terimakasih banyak ibu, artikelnya sangat membantu. Sy merasakan nyeri di telapak kaki kiri sekarang. Dari faktor pemicu fasciitis plantaris yang ibu tuliskan di atas, sepertinya sepatu saya yang tidak sehat untuk digunakan dalam beraktivitas seharian di sekolah tempat ngajar.

    BalasHapus
  28. saya pernah mengalaminya dan lebih baik ke fisioterapi atau penyinaran secara berkala, memang akhir2 ini saya treadmill tidak menggunakan sepatu karena hanya dirumah pikir saya! saya dulu mengalaminya juga membuat bingung dokter karena mungkin bukan orthopedi melainkan penyakit dalam, macam2 diperiksa lab dan obat2 sangat mahal sampai 2,5 juta duh memang kadang dokter2 ini kurang profesional bukannya harusnya diserahkan pada yg ahlinya karena kami orang awam ya kurang paham harus dibawa kemana? Saya ucapkan terima kasih ya buat yg membuat blog ini, saya jadi tahu ilmu dan tidak sembarangan ke dokter maupun rumah sakit yg sangat mahal dan gak ada kejelasan apapun yg lalu2 itu, karena alasan tidak ada uanglah saya mencarinya di google jadi lebih terang pengetahuan saya, sekali lagi terima kasih nanti pagian saya akan rendam kaki ini dengan minyak tanah, garam , air dan es batu ini resep dari kopassus kita bila dia sangat kelelahan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  29. Trimakasih banyak p.atas pengetahuannya

    BalasHapus
  30. saya juga hampir setiap hari kaki sakit pagi hari malam hari nyiksa banget udah lama gak sembuh "

    BalasHapus
  31. Bu, kalo sy bs smpek nangis ,,
    Rasanya kemeng skali kaki area skitar tumit situ bu
    Di pencet suami/d pijit enak tp nyuerii suakit..
    Apa krna kgemukan?
    Klo d buat jalan dri posisi tidur atau duduk sakit nya Masyallah bu.

    Apa ini sakit yg dmaksud d article ini?

    Trims💚

    BalasHapus